April 28, 2013

Berapa Biaya Iklan di Adwords?



Setelah membahas tentang apa itu Google Adwords dan dimana tampilannya, saatnya kita akan membahas tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk iklan di Google Adwords.



"Berapa sih Bu biaya yang dibutuhkan kalau saya pingin beriklan di Google Adwords?" Pertanyaan ini kerap kali saya ditanyakan di awal percakapan. Maklum, mungkin sistem pembiayaan Adwords membingungkan untuk pemula.

Sebelum kita masuk ke dalam rincian biaya, saya terangkan dulu untuk sistem pembayaran di Google Adwords ini ya..

Sistem pembayaran yang sangat direkomendasikan ialah pembiayaan per klik, dimana Anda hanya akan dikenakan biaya berdasarkan klik yang diterima iklan Anda. Jadi, jika iklan Anda tidak menerima klik Anda tidak Anda tidak akan dikenakan biaya.

Nah, tidak adanya daftar harga yang pasti untuk beriklan di Google Adwords ini memang menjadi tantangan untuk para pemilik bisnis. 

Banyak dari agency yang sudah mempersiapkan daftar harga untuk menarik minat para pemilik bisnis tetapi apakah dengan harga promosi atau harga murah produk/jasa Anda memang sudah bisa bagus hasilnya? Lalu, bagaimana cara penetapan harga yang tepat?

Saya akan menerangkan bagaimana sistem pembayaran yang memang langsung disarankan oleh Google. Cara ini menggunakan bantuan alat bantu kata kunci/keyword tool. Estimasi biaya biasanya bergantung dari target pengiklan.

Misalkan: A adalah penjual baju yang memiliki penjualan 100 unit per bulan. A mengetahui tentang Google Adwords dan berniat untuk beriklan. A memiliki target untuk meningkatkan penjualannya sebanyak 50 unit per bulan dengan bantuan Google Adwords. Dengan bantuan alat bantu kata kunci, Google Adwords Consultant akan mencari kata kunci yang terkait dengan baju/fashion. Anggaplah harga per klik untuk kata kunci yang bisa dipakai untuk menargetkan produk yang ditawarkan oleh A adalah Rp. 2000,00.


Setelah itu, jumlah target (50) dibagi dengan 0.05 (persentase konversi yang diambil adalah 5% dari total klik). Hasil yang didapat ialah total klik.

Setelah mengetahui berapa total kliknya, kalikan jumlah ini dengan harga per klik diatas dan jumlah tersebut adalah estimasi anggaran untuk mendapatkan target A.

Sudahkah Anda dapatkan berapa jumlah estimasinya?

Estimasi Biaya = Target / 0.05 x Harga Maks per klik
Estimasi Biaya = 50/0.05 x Rp 2.000,00
Estimasi Biaya = 1000 x Rp 2.000,00
Estimasi Biaya = Rp 2.000.000,00

Perlu bantuan untuk memulai iklan di Adwords? Jangan sungkan, silakan hubungi saya di andelisia at gmail dot com.

1 comment:

  1. terimakasih saya baru memasang goggle awards, dan sdh mengetahuinya bahwa harga perklik Rp2000

    ReplyDelete