July 25, 2013

Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

Kata SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) memang kedengaran sama dan terkadang dipakai bergantian, SEO dan SEM memiliki fungsi yang berbeda.

Banyak dari pemilik usaha kecil yang mengetahui sedikit tentang SEO, dimana taktik ini dipercaya mampu untuk meningkatkan posisi website pada hasil pencarian organik. Taktik penting lainnya yang dilakukan pada bisnis di Internet adalah dengan penggunaan SEM yang dimana fitur ini meliputi SEO, iklan berbayar dan layanan lainnya yang berkaitan.

Meski dua kata tersebut adalah sama dan terkadang dipakai bergantian, SEO dan SEM adalah berbeda.

Apa sebetulnya Search Engine Optimization (SEO) itu?


Search engine optimization (SEO) bisa dijelaskan sebagai strategi atau taktik dimana cara ini digunakan untuk memastikan agar sebuah website dapat diakses mesin pencari (search engine) dan meningkatkan peluang website untuk lebih mudah dicari mesin pencari.

Tujuan daripada SEO yang sukses adalah untuk mendapatkan posisi tertinggi di halaman pencarian dari mesin pencari (contohnya: Google, Bing, Yahoo dan mesin pencarian lainnya). Pengguna Internet kerap kali tidak akan menjelajah semua halaman-halaman hasil pencarian dan untuk itulah posisi website menjadi hal yang sangat penting untuk mendatangkan trafik ke website.

Semakin tinggi peringkat website itu pada hasil pencarian natural, semakin besar kesempatan website itu mendapat kunjungan dari pengguna Internet.

SEO biasanya di-praktikkan oleh para webmaster yang dibantu oleh pengisian konten untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal di hasil pencarian. 
Berikut ini adalah langkah-langkah yang biasanya dilakukan:
- Membuat dan mempublikasikan konten yang bagus
- Menggunakan kata kunci dan menganalisa kata kunci
- Menambah trafik dengan membangun link 
- Menggunakan social media sites seperti Facebook, Twitter.
- Meningkatkan navigasi situs dan menyediakan kemudahan bagi pengguna interenet. 

Apa itu Search Engine Marketing?

Banyak yang memulai dengan website yang bagus dan menginvestasi pad SEO tetapi hal ini tidak terlalu penting untuk dilakukan dengan adanya komponen yang sangan penting yaitu Search Engine Marketing.
SEM adalah istilah yang lebih luas dibanding SEO, dimana komponen ini menyediakan pilihan yang beragam seperti iklan berbayar. SEM sering digunakan untuk menggambarkan tindakan yang berhubungan dengan meneliti, mengirim dan mem-posisikan sebuah website dalam mesin pencari. Hal ini mencakup search engine optimization, iklan berbayar dan layanan/fungsi lainnya yang berkaitan dengan meningkatkan kepopuleran dan trafik pada website.
SEM menyediakan kesempatan bagi Anda untuk membayar berdasarkan klik (Anda hanya membayar berdasarkan setiap klik yang diterima oleh iklan website Anda). Iklan pada kampanye SEM yang sukses akan ditayangkan pada konsumer yang khusus mencari produk atau jasa, sehingga tingkat konversi/penjualan yang lebih tinggi.

Perbedaan SEM dan SEO

Pengertian SEM lebih besar dibanding SEO dimana SEO ditujukan untuk memperbagus hasil pencarian natural, sedangkan SEM menggunakan mesin pencari untuk mengiklankan website atau bisnis pada pengguna Internet dan menargetkan trafik yang lebih terfokus pada website Anda.
Misalnya, ketika orang menggunakan mesin pencari untuk mencarikan "baju muslim", SEO dapat membantu agar website Anda lebih terlihat. Iklan atau link sponsor yang muncul diatas atau disebelah hasil pencarian organik adalah contoh dari SEM
SEO dan SEM tidak digunakan untuk bersaing dengan satu sama lain melainkan SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Jika Anda ingin melakukan bisnis di Internet sebaiknya website Anda dapat ditayangkan pada hasil pencarian organik dan juga pada baguan yang diiklankan. Ini artinya, Anda memerlukan SEO dan SEM.

Andelisia Darmansius

5 comments:

  1. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often. Calgary Seo

    ReplyDelete
  2. I am definitely enjoying your website. You definitely have some great insight and great stories. search engine optimisation

    ReplyDelete
  3. I really wana thank you for providing such informative and qualitative material so often.Johnny Chen SEO

    ReplyDelete
  4. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing websites that understand the value of providing a quality resource for free. It is the old what goes around comes around routine. Calgary SEO

    ReplyDelete
  5. By adding some extra efforts to your website you'll be {able to} build your website sensible and distinctive kind the opposite website however you can’t be able to market your website on the web while not having the services of SEO. By visiting this http://seoanalytics.pro/service/ you'll be able to get the most effective SEO services for your website which is able to assist you to plug your website on the web.

    ReplyDelete